Follow Me

Blackwater Volly Ball Club "Mambangkik Batang Tarandam", 9 Klub se Kabupaten Limapuluh Kota Ikuti Open Turnamen

NASIONAL, SUMATERA BARAT - Blackwater Volly Ball Club (VBC) jorong Jopang, kenagarian Jopang Manganti, kecamatan Mungka, kabupaten Limapuluh, Sumbar "mambangkik batang tarandam, dengan menggelar open turnamen volly ball se kabupaten Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh dan Batusangkar. Sedikitnya ada 9 club papan atas yang ikut gelaran open turnamen kali ini.

Sembilan club tersebut adalah Vegas Andaleh, Favorite Kotobaru Mungka, Adi Putra Situjuh, BBC Bukikbulek Banjaloweh, IPPBL Tanjungbungo, Gema Mungka, Merpati Tiaka Payobasuang, Amuk Batusangkar, dan Blackwater VBC. Sembilan club tersebut merupakan club volly ball yang aktif di kabupaten Limapuluh Kota, Payakumbuh dan Batusangkar.

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Riau
Pemain Blackwater old star  memberikan pukulan untuk Blackwater
 millenial dalam pembukaan pertandingan open turnamen volly ball
se kabupaten Limapuluh Kota/Payakumbuh, Jumat (30/6/2017)
di lapangan bola voli Blackwater Jopang.
Pembukaan open turnamen volly ball ini berlangsung meriah, Jumat (30/6/2017) malam. Rencananya pertandingan akan berlangsung hingga Senin (3/7/2017) mendatang. Masing-masing club akan memperebutkan tropi lepas dan tabanas serta plakat cinderamata.

Meriahnya, sebelum pembukaan, diadakan pertandingan nostalgia pemain Blackwater old star melawan pemain Blackwater millenial. Pertandingan ini dilaksanakan pada sore sebelum open ceremony.

Blackwater VBC lahir pada tahun 70 an yang bertahan hingga sekarang. Meskipun pascatahun 2000 an prestasinya agak menurun. Namun pada era 80 an hingga 90 an, Blackwater VBC boleh dikatakan merajai berbagai kejuaraan di tingkat kabupaten Limapuluh Kota/Payakumbuh. Bahkan Blackwater VBC pernah ikut pada kejuaraan gubernur Sumbar Arzwaranas Cup.

Pada pertandingan Blackwater old star vs Blackwater millenial, pemain-pemain lama tersebut ikut bertanding. Meski sudah ringkih dimakan usia, mereka tetap semangat. Apalagi di antara mereka sudah melalang buana bertanding menjadi atlet volly tingkat daerah dan provinsi.

Ketua panitia open turnamen volly ball Muhammad Afdal mengatakan, kegiatan ini bisa terselenggara berkat dukungan masyarakat dan perantau Jopang Manganti se Indonesia. Jauh-jauh hari sebelumnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan para perantau.

"Seluruh undangan terkonfirmasi hadir. Tiga club yang bertanding untuk malam perdana semuanya hadir. Begitupun 5 club lainnya. Sementara kita tuan rumah juga dalam kondisi baik untuk menghadapi turnamen ini," kata dia.

Sementara itu perwakilan perantau Jopang, Epi Rizandi mengaku sangat senang dengan adanya open turnamen itu. Ia menyebut Blackwater VBC telah mengalami pasang surut dan pasang naik sejak lebih kurang 40 tahun silam.

"Pada era 1980-1990 merupakan mada jaya Blackwater VBC. Atlet terbina dengan baik. Nah, kemudian terjadi penurunan. Kini open turnamen ini momentum untuk mambangkik batang tarandam," kata perantau Solo asal Jopang itu.

Ia melanjutkan, kegiatan ini sengaja digelar pada suasana lebaran Idul Fitri, supaya seluruh masyarakat dan perantau dapat menikmati. Sekaligus menjadi motivasi untuk generasi masa kini.

"Maka itu, sengaja yang tua-tua turun kembali. Kami perantau selalu menyupport agar momentum ini bisa menjadi pemicu untuk iven lebih besar kedepannya," kata dia.

Agar Jopang Manganti kembali disegani di bidang olahraga bola voli, ia menyebut perlu tupangan dari komponen masyarakat. Termasuk di dalamnya pemerintahan nagari dan perantau.

"Agar kita semua kembali merasa memiliki Blackwater. Itu harus. Sebab ini aset olahraga yang ada untuk mengembangkan potensi generasi muda. Kita juga berikan tantangan agar setahun kedepan ada iven yang lebih besar," ulas dia.

Sedangkan Wali Nagari Jopang Manganti Efendi A juga menyupport kegiatan tersebut. Ia hadir sejak awal hingga pertandingan usai di malam perdana.

"Setidaknya ini dapat membangun silaturrahmi kita. Kemudian menjadi ajang melepas rindu generasi tua karena kita pernah jaya di masa mereka. Inilah kemudian yang menjadi momen kebangkitan itu," kata dia.

Ia menambahkan, iven ini juga mendukung program pemerintahan untuk mendapatkan bibit-bibit atlet berprestasi.

"Kita sebenarnya punya potensi yang kuat. Pada pekan olahraga nagari tingkat kabupaten Limapuluh Kota 2005 lalu kita juara 2. Artinya, potensi itu yang terus kita kembangkan," ujar dia.

Pihaknya juga berkomitmen untuk terus mengembangkan sarana prasarana Blackwater VBC bersama para perantau.

"Kita terus menghimpun para perantau untuk program olahraha bola voli ini," tutupnya.(rls)
previous article
Newer Post
next article
Older Post



Name

Email *

Message *